4 Jenis Surat Pernyataan dan Cara Membuatnya

  • Whatsapp

Surat pernyataan kerap dipakai untuk berbagai keperluan, entah di dunia kerja ataupun kepentingan perjanjian yang lain. Surat pernyataan bisa didefinisikan sebagai surat yang ditulis oleh salah seorang pihak yang mana isinya mengenai pernyataan bahwa pihak tersebut tidak melakukan hal-hal tertentu.

4 Jenis-jenis Surat Pernyataan

Di samping itu, surat pernyataan ini juga dapat didefinisikan sebagai sebuah surat yang berisi kesanggupan dari salah seorang pihak maupun kelompok untuk bertanggung jawab dan menanggung risiko dari apa yang mereka lakukan. Dalam kasus ini, surat tersebut dipakai sebagai salah satu bentuk tanggung jawab.

Surat pernyataan diri

Surat ini digunakan untuk menerangkan penjelasan diri, menunjukkan kondisi pribadi maupun menyatakan hal yang harus dikatakan pada pihak tertentu.

Surat pernyataan hutang

Surat pernyataan ini digunakan untuk bisa mengidentifikasi bahwa seseorang sedang dalam kondisi memiliki hutang pada pihak lain. Surat ini lebih memiliki sifat pengakuan hingga memiliki kekuatan hukum.

Surat pernyataan kesanggupan

Pernyataan ini digunakan untuk dapat mengikat seseorang pada situasi tertentu.

Surat pernyataan kerja

Surat ini digunakan untuk bisa menjelaskan kondisi sedang bekerja. Selain itu, pada kepentingan lain surat pernyataan ini dapat digunakan untuk mengakui kesanggupan dalam sebuah pekerjaan.

Cara Membuat Surat Pernyataan

  1. Pahami terlebih dahulu apa yang ingin anda nyatakan di dalam sebuah surat pernyataan
  2. Mengetik di laptop atau komputer menggunakan microsoft word. Di bagian paling atas tuliskan judul “Surat Pernyataan”
  3. Kemudian, lengkapi identitas diri dengan nama, TTL, NIK, status dan juga pekerjaan anda
  4. Tuliskan kalimat dengan unsur pernyataan berdasarkan yang anda ingin nyatakan
  5. Di bagian penutup, tambahkan pula nama tempat, tanggal pembuatan surat. Di bagian paling bawah tambahkan nama anda selaku pembuat surat pernyataan.
  6. Jika sudah selesai semua, pastikan untuk membaca ulang surat pernyataan tersebut dan pastikan bahwa kalimat yang anda buat tidak ambigu, salah atau multitafsir. Disamping itu, pastikan anda tidak melakukan kesalahan penulisan/ typo.
  7. Tahap berikutnya adalah print out dokumen pernyataan dan siap untuk digunakan.

Demikian penjelasan mengenai surat pernyataan beserta jenis dan cara pembuatannya. Surat pernyataan ini bisa disebut sebagai surat resmi yang berisi konsekuensi hukum dan terikat sesuai pernyataan yang dibuat.

Sumber: indonesiax.co.id 

Baca juga: GB WhatsApp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.